Turunnya surat al-Ikhlas

    Share

    ikhwan fathy
    Moderator
    Moderator

    Number of posts : 5
    Real Name : ikhwan fathy
    Nickname : ikhwan
    Registration date : 2009-02-07

    Turunnya surat al-Ikhlas

    Post by ikhwan fathy on Sun Feb 22, 2009 4:52 pm

    Ustadz Abdullah Sholeh Hadromi
    Tempat Masjid Muhajirin (Samping ITN Malang)
    Kajian Siroh Nabawi
    Pekan ke 4

    Ini kajian pertama yang ana ikuti di Masjid Muhajirrin yang diisi oleh Ustad Hadromi

    Tahu nggak, Surat al-Kafirun, juga disebut sebagai Surat al-Ikhlas...?

    Diantara yang sempat terekam di buku ana adalah ini:
    Surat al-Kafirun ayat 2-5 (Coba antum buka terjemahan Qur'an!)
    1. Orang-orang kafir meminta Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam untuk menyembah tuhan mereka.
    Hal ini menunjukkan bahwa Aqidahnya orang kafir adalah Rusak.
    Ke 4 ayat ini hampir mirip, jika kita tidak sungguh-sungguh menghapalnya/membacanya, maka kita tidak akan pernah bisa selesai mbaca ni ayat (karena mbulet), Apalagi Godaan setan yang paling keras, dilakukan setan adalah KETIKA sholat
    setan akan membisikkan sesuatu yang lupa, kemudian diingatkannya (bahkan, kalo kita kehilangan sesuatu, maka sholatlah yang khusyu!, niscaya setan akan mengingatkan barang kita yang ilang tersebut- :)
    2. Orang Islam tidak akan menyekutukan Allah, dan kedepan Tidak akan menyekutukan Allah (Tauhid murni), dan sebaliknya, Orang kafir akan menyekutukan Allah dan kedepan pun akan menyekutukan Allah
    Sehingga dalam Islam, tidak boleh campur aduk antara haq dan batil (bahkan wasiat Allah kepada Nabi, jika para Nabi syirik, maka semua amal akan hapus, dan termasuk orang rugi QS. az-Zumar:25)

    Fenomena Kesyirikan ...
    Ponari si dukun cilik dan "batu petir"nya di Jombang
    Mengapa Ummat Islam di Indonesia yang merupakan negara mayoritas Islam terbesar di Dunia begitu bodoh, sampai-sampai dalam hal yang prinsip aja (Tauhid) tidak tahu?
    kemana peran ulama/kiyai/ustadz selama ini?
    Masalah Tauhid aja rusak, bagaimana dengan masalah ibadah yang lain (sholat dll)?
    Umat Islam di Indonesia ini, jika diajak Bodoh mau-mau saja, tapi kalo diajak pintar ga mau, padahal, Ayat Qur'an yang turun pertama adalah Iqro (bacalah) ...

    Syirik
    Masih ingat kisah sahabat dengan gelang dari kuningan yang diyakini oleh sahabat tersebut bisa menyembuhkan sakitnya?
    jika kita mati dalam keadaan membawa jimat, dll, maka kita mati dalam keadaan tidak beruntung (neraka)
    Sehingga Rasulullah selalu mendoakan kebalikan bagi orang-orang yang menggunakan jimat (misal, pake jimat untuk naik jabatan, maka kita do'akan, semoga jabatannya diturunkan, dan kamu dipecat dari jabatan tersebut!, pake jimat untuk melariskan dagangan, kita do'akan, semoga kamu bangkrut, dan sebagainya ... Keras kan? (ini emang ada haditsnya)

    Ruqyah?
    ruqyah ini berbeda dengan jimat atau tamimah, dan diperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu, misal tidak mengandung syirik dll.
    al-Qur'an untuk jimat?
    ada dua pendapat .... ada yang boleh, ada yang mengharamkannya. Dan yang bener adalah yang mengharamkannya (jadi cuma ada 1 pendapat aja yang benar, Cz, yang menyatakan ada, itu adalah haditsnya dhoif -Atsar sahabat, yang lebih tepatnya-)

    3 Rumus menghadapi Syirik
    1. Tidak menjadikan sesuatu yang tidak berhubungan sebagai sebab yang syar'i
    misalnya sebab yang syar'i adalah menggunakan obat, pergi ke dokter dll untuk mengobati penyakit.
    yang nggak syar'i misalnya menggunakan batu (kayak ponari), batu Giyok, dan sesuatu yang nggak nyambung untuk mengobati penyakit.
    2. Sebab Syar'i tetap dilakukan, tapi hatinya tetap pada Allah
    3. Sehebat apapun sebab itu, kembalinya tetap pada Allah (Qodarullah), misal seseorang berobat ke dokter yang biasa-biasa saja, dan akhirnya bisa sembuh, Trus ada lagi yang berobat ke dokter paling mahal, namun tetep tidak bisa sembuh. itu semua memng kembalinya pada Taqdir

    Jadi, Tahid itu Nomor 1 dimanpun dan kapanpun antum berada!
    Subhanakallahumma wabihamdik .....
    Semoga bermanfaat

      Current date/time is Fri Dec 09, 2016 10:25 pm